Cegah Campak Dan Rubella Melalui Imunisasi Vaksin MR

Cegah Campak Dan Rubella Melalui Imunisasi Vaksin MR

Imunisasi vaksin Measles Rubella atau MR terus dilakukan oleh pemerintah agar terhindar dari penularan penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian.

Meski sempat terjadi perdebatan serta polemik yang mempertanyakan isi kandungan vaksin MR halal atau haram oleh Majelis Ulama Indonesia, namun setelah melalui proses pertemuan bersama Kementerian Kesehatan RI, vaksin MR dilanjutkan dan diperbolehkan. Hal tersbeut dipertegas oleh Ketua Majelis Kota Palembang Saim Marhadan yang menyatakan masyarakat agar tidak cemas dan ragu untuk melakukan imunisasi vaksin MR bagi putra dan putrinya, karena diperbolehkan dalam keadaan darurat sambil menunggu adanya vaksin baru yang dipergunakan.

Pemberian imunisasi vaksin MR dilakukan di usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Menurut dr. Rismarini, Sp.A Staff Dokter Departemen Anak RSUP Mohammad Husein mengatakan, penyakit campak yang penularannya melalui saluran pernapasan yang disebakan oleh virus memiliki dampak parah bahkan sampai dengan kematian. Sedangkan untuk Rubella merupakan penyakit yang ditularkan oleh anak, jika tertular ibu hamil dapat menyebabkan keguguran dan cacat anak. Kedua penyakit ini harus dicegah sedini mungkin untuk memutus penyebarannya perlu dilakukan imunisasi vaksin MR.

Dari Data Dinas Kesehatan Sumatera Selatan ditargetkan sebanyak 2 Juta anak dilakukan imunisasi vaksin MR dan Kota Palembang menargetkan 400 Ribu anak. Dan sampai dengan bulan Agustus 2018 pemberian imunisasi vaksin MR ini baru mencapai 20 Ribu anak dengan batas waktu hanya dua bulan sampai dengan bulan September. Pihaknya terus berupaya untuk mengejar target dengan mendatangi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat di sejumlah Puskesmas, Posyandu dan sekolah tentang manfaat imunisasi MR ini.

Respon masyarakat di Kota Palembang juga cukup baik setelah dilakukan sosialisasi serta dampak bahaya dari penyakit ini. Seperti yang terlihat di pelayanan Poliklinik Anak RSUP Muhammad Husein tidak ada kecemasan dan keraguan para orang tua untuk melakukan imunisari MR agar buah hatinya sehat dan ceria sampai dengan fase dewasa.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *