Hari Batik Nasional Tingkatkan Sadar Budaya Generasi Muda

Hari Batik Nasional Tingkatkan Sadar Budaya Generasi Muda

Setiap 2 Oktober diperingati Hari Batik Nasional, tentu ada asal usulnya yang menjadikan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia. Walaupun pada perjalanannya batik nyaris saja diklaim negara lain, namun akhirnya batik secara resmi dikukuhkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi pada 2 Oktober 2009.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya turut mengambil peran melestarikan batik. Batik merupakan salah satu icon bangsa Indonesia agar tetap eksis meski beragam busana bermunculan di era modern seperti ini.

Jelita salah satu mahasiswi PTN yang ada di Palembang ini mengatakan, di era modern dan digital saat ini generasi muda sekarang bisa melakukan hal kecil namun bermakna besar, salah satu contohnya ialah membagikan hal-hal yang terkait dengan batik di media sosial.

Hal senada diungkapkan Yosi, menurutnya hari batik sudah cukup efektif untuk menanamkan dan menguatkan citra batik yang positif bagi generasi muda. Dengan memakai batik pada peringatan hari batik nasional itu sudah cukup untuk melestarikan batik itu sendiri.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...