Kekurangan Pasokan Air, Petani Kacang Hijau Di Lubuklinggau Alami Gagal Panen

Kekurangan Pasokan Air, Petani Kacang Hijau Di Lubuklinggau Alami Gagal Panen

Seperti inilah kondisi lahan pertanian kacang hijau yang berada di RT 04 Kelurahan Moneng Sepati Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau. Lahan pertanian kacang hijau seluas 2 hektar ini tampak mulai mongering karena kekurangan pasokan air yang merupakan dampak dari musim kemarau.

Seperti pengakuan Priyaqin salah seorang petani setempat yang mengaku akibat kekurangan suplai air di lahan pertanian miliknya, tanaman kacang hijau miliknya mulai berangsur kering dan mati. Selain persoalan kekurangan air, hama lembing tanah dan walang sangit pun sudah mulai menyerang hampir sebagian dari buah kacang hijau yang menyebabkan kondisi buah menjadi kopong.

Sehingga ia memastikan untuk musim panen kali ini produksi kacang hijau miliknya dipastikan akan mengalami penurunan. Sementara disinggung persoalan upaya pencegahan hama, ia mengaku tak mampu membeli obat insektisida pembasmi hama lantaran tak memiliki modal.

Untuk itu para petani ini mengharapkan kepada pemerintah maupun instansi terkait agar memberikan perhatian kepada para petani miskin terutama bantuan pupuk dan bibit serta obat pencegah hama.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...