BMKG: Konvergensi Sebabkan Peralihan Cuaca Di Sumsel

BMKG: Konvergensi Sebabkan Peralihan Cuaca Di Sumsel

Perubahan cuaca dari terik dengan potensi suhu mencapai 32 derajat celcius pada siang hari kemudian berganti hujan dengan intensitas rata-rata 5 hingga 10 milimeter secara tiba-tiba mulai terjadi di Kota Palembang dan beberapa kota maupun kabupaten lain di Sumsel.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas 1 Kenten menjelaskan, kondisi seperti itu dapat terjadi karena Sumsel dan Kota Palembang tengah memasuki peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Selain itu tidak menentunya cuaca saat ini karena adanya konvergensi di wilayah Sumatera Bagian Barat, Palembang, dan Sumatera Bagian Utara.

BMKG memprediksi kondisi seperti ini akan terjadi dalam 3 hari kedepan. Meski tidak berpotensi terjadi bencana, BMKG meminta masyarakat yang berada di Kota Palembang, Muba, Lubuklinggau, Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan untuk tetap waspada.

Sementara itu dari pantauan pihaknya, dalam 3 hari terakhir kualitas udara di Palembang mencapai paramater tidak sehat, dikarenakan tingginya titik hot spot di Sumsel. Meski demikian hujan mulai mengguyur beberapa kota dan kabupaten di Sumsel dan memangkas sekitar 26 titik hot spot membuat kondisi udara di Palembang kembali dalam kategori baik.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...