Sejarah Masa Lampau Tiongkok Lewat Opera China

Sejarah Masa Lampau Tiongkok Lewat Opera China

Perayaan Cap Go Meh bukan hanya terpusat pada kegiatan ibadah saja tapi juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan hiburan untuk menghibur. Salah satu hiburan yang masih ditunggu yaitu wayang orang yang dikelola lewat Yayasan Sam Khau Bun Gei Siah yang telah sudah mempertahankan dan melestarikannya selama 72 tahun.

Dalam opera ini dikisahkan sejarah masa lampau di Tiongkok seperti kisah 7 Jenderal, Ular Putih, Sun Go Kong dan Cu Pat Kai, serta cerita para dewa. Setiap opera dimainkan sebanyak 20 hingga 30 orang sementara pemusik ada 8 orang.

Salah satu pemain dalam opera Cina ini Iwan menjelaskan, dirinya telah bergabung di opera ini sudah 15 tahun. Untuk mendalami karakter wanita dirinya harus berlatih sebanyak 3 kali dalam seminggu, selain itu fisik dan istirahat harus dijaga. Sementara untuk bahasa ia tidak mengalami kesulitan lantaran keseharian di rumah selalu menggunakan Bahasa Hokkian.

Para pemain wayang orang ini berharap undangan pementasan tak hanya berlangsung di kelenteng atau momen tertentu seperti Imlek, Cap Go Meh. Tapi juga bisa tampil di acara-acara pernikahan supaya budaya Tiongkok ini tetap bisa dilestarikan.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...