Diskominfo Gelar Bimtek Kehumasan Se Sumsel

Diskominfo Gelar Bimtek Kehumasan Se Sumsel

Hubungan Masyarakat (Humas) yang juga dikenal dengan istilah Public Relation (PR) adalah garda terdepan bagi setiap organisasi, baik itu pemerintah, swasta, instansi maupun badan usaha.

Humas memegang peranan penting dalam membangun citra positif memberikan pelayanan informasi publik mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik, yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan sebuah organisasi.

Untuk membentuk kehumasan yang baik Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan se-Sumatera Selatan, dimana kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada petugas pengelolaan informasi dan dokumentasi tentang penyebaran informasi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 mengenai keterbukaan informasi kepada publik.

Selain itu kegiatan ini merupakan implementasi komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam meningkatkan SDM Humas yang handal, terampil dan membentuk citra positif pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota.

Kegiatan Bimbingan Teknis Kehumasan se-Sumatera Selatan yang dilaksanakan Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumsel di Grand Atyasa ini diikuti sekitar 100 orang, baik dari instansi pemerintahan, TNI, Polri, BUMN maupun BUMD se-Sumsel.

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumsel Edward Juliartha yang membuka acara tersebut meminta agar peran Bakohumas sangat penting dalam menjelang pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019, dimana jelang pemiilihan presiden dan pemilihan legislatif ini banyak sekali informasi-informasi yang beredar di sosial media yang belum diketahui kebenarannya. Akibatnya banyak masyarakat yang latah dan kemudian menyalin berita tersebut kemudian mempublikasikannya ke media sosial.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumsel Jon Kennedy mengatakan, acara ini diikuti 100 peserta Bakohumas di Sumsel dan juga dari TNI, Polri, BUMN, BUMD maupun media cetak dan online. Tujuannya digelar ini kegiatan ini agar silaturahmi tetap terjaga dan juga untuk meningkatkan peran Bakohumas dalam pelaksanaan pilpres dan pileg 2019.

Sementara itu Helmi Hafid salah satu pemateri yang dihadirkan menambahkan, peranan Bakohumas dalam pemerintahan sangat penting karena ini terdapat dalam amanat Undang-Undang Dasar Negara. Sementara untuk kegiatan bimtek ini penting dilakukan agar komunikasi pemerintahan ke publik dapat tersebar dengan baik dan benar.

Salah satu peserta Bimtek Kehumasan Mala Risma sangat mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis ini terlebih lagi menjelang pilpres dan pileg, banyak informasi di media sosial yang memprovokasi serta isu-isu yang tidak baik. Diharapkan dengan adanya bimtek ini Bakohumas dapat menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara dalam pilpres dan pileg.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...