Antisipasi Cacar Monyet, Pendeteksi Suhu Bandara SMB II Dimaksimalkan

Antisipasi Cacar Monyet, Pendeteksi Suhu Bandara SMB II Dimaksimalkan

Dokter serta petugas Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI mulai bersiaga mengantisipasi wabah cacar monyet masuk ke Kota Palembang.

Direktur Dokter Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 Dr. Arya Hidayat mengatakan, alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner sudah terpasang untuk memantau penumpang yang tiba setiap hari. Alat pendeteksi mulai terpasang di pintu kedatangan internasional karena yang paling diwaspadai saat ini adalah penumpang asal Singapura.

Menurut Dr. Arya cacar monyet atau monkeypox sudah ditemukan kasusnya di Singapura, meski demikian penumpang dari negara-negara lain terutama benua Afrika tetap diwaspadai. Namun cacar monyet sangat jarang ditularkan dari manusia ke manusia penularan baru terjadi saat seseorang terkontak dengan monyet tikus dan tupai.

Ia menambahkan, cacar monyet bukanlah wabah baru. Sebelumnya wabah tersebut pernah muncul di benua Afrika namun muncul kembali pada saat ini.

Cacar monyet terdapat gejala seperti munculnya ruam kulit yang didahului flu sindrom, sakit kepala, daya tubuh lemah dan gangguan pencernaan.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...