Budidaya Ikan Air Deras, Petani Raup Omzet Ratusan Juta Perbulan

Budidaya Ikan Air Deras, Petani Raup Omzet Ratusan Juta Perbulan

Selain sebagai sentra tanaman padi, Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu daerah sentra penghasil ikan air deras di Sumatera Selatan.

Seperti di kawasan Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo, usaha perikanan air deras milik sejumlah warga cukup menjanjikan. Salah satunya milik Iwan, usaha budidaya pembesaran Ikan Nila yang telah ditekuni sejak tahun 1995 yang lalu ini dapat menghidupi keluarga dan sejumlah pekerja yang berasal dari warga setempat.

Untuk budidaya pembesaran Ikan Nila sendiri yang dilakukanya dalam sekali panen perminggunya mencapai 5 sampai 6 ton Ikan Nila siap jual. Sementara untuk usia ikan yang dipanen hanya butuh waktu tiga bulan saja.

Dari hasil usahannya ini dalam setiap bulanya Iwan dapat meraih omzet hingga ratusan juta rupiah dengan modal yang dikeluarkan dalam sekali panen keuntungan mencapai 40%.

Untuk daerah pemasaran ikan yang dijualnya hingga di beberapa daerah seperti Kabupaten Muara Enim, Prabumulih, Lahat, Provinsi Bengkulu, Jambi hingga kabupaten tetangga Lubukinggau dan Muratara.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...