Mahasiswa UIN Raden Fatah Meneliti Bunker Di Kec. Sako Palembang

Mahasiswa UIN Raden Fatah Meneliti Bunker Di Kec. Sako Palembang

Banyak bukti sejarah yang bisa dilihat di Kota Palembang, namun ada kondisinya memprihatinkan. Kota Palembang menjadi salah satu kota yang pernah dijajah Jepang, salah satu bukti sejarah itu adalah beberapa peninggalan tentara Jepang yakni bunker yang menjadi tempat pertahanan militer Jepang.

Hal inilah yang dilakukan beberapa mahasiswa pecinta sejarah Palembang dengan mengambil lokasi di Kecamatan Sako Kelurahan Lebung Gajah Palembang. Mahasiswa dari UIN tersebut meneliti bunker Jepang yang berada di kawasan tersebut. Sisa instalasi militer Jepang yang dipakai untuk pertahanan di era Perang Dunia II tersebut kini telah ditempati warga.

Dosen dan peneliti sejarah UIN Raden Fatah Palembang Kemas A.R Panji mengatakan, di Kota Palembang ada beberapa bunker buatan Jepang yang tersebar di penjuru Kota Palembang. Alasan Kota Palembang diduduki Jepang karena kota ini salah satu daerah penghasil minyak di pulau Sumatera. Minyak bagi Jepang sangat penting untuk memasok kebutuhan perang melawan sekutu. Selain meneliti bunker Jepang, pihaknya juga meneliti landasan meriam yang dibangun militer Jepang.

Ismail salah satu warga Lebung Gajah mengatakan, tak menyangka kalau bekas bangunan tersebut merupakan peninggalan sejarah. Karena semenjak dirinya menempati tempat tinggalnya bangunan itu telah ada namun tak terurus, dirinya pun memanfaatkan landasan meriam tersebut sebagai kolam ikan kesayangannya.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...