Kembangkan Urban Farming, Kelompok Tani IB II Palembang Bisa Jadi Contoh

Kembangkan Urban Farming, Kelompok Tani IB II Palembang Bisa Jadi Contoh

Pemanfaatan lahan kosong di perkotaan yang dijadikan lahan pertanian kini semakin banyak di masyarakat Kota Palembang, salah satunya di daerah Talang Kerangga Ilir Barat II Palembang.

Masyarakat di sini menyebutnya urban farming. Urban farming atau cocok tanam di lingkungan rumah dengan lahan terbatas, untuk menjaga pelestarian lingkungan sekaligus memberikan manfaat secara ekonomi.

Kelompok Tani Lombok dan Kelompok Wanita Tani di daerah Talang Kerangga Ilir Barat II memanfaatkan lahan seluas 1.575 meter2.

Ridwan Khadir salah satu pengelola mengatakan, pemanfaatan lahan tidak terpakai yang dijadikan lahan pertanian untuk berkebun ini sudah dilakukan sejak 2014 dan ditanami dengan berbagai jenis sayuran seperti, sawi, kemangi, cabai, tomat. Untuk bibit didapatkan dari bantuan Dinas Pertanian dan hasil dari pengembangan sendiri. Selain menanam sayuran, disini juga terdapat tambak Ikan Lele dan buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.

Ia juga menambahkan, untuk hasil dari pertanian di lahan ini dibagikan kepada warga sekitar secara gratis. Dan untuk Ikan Lele dijual dengan harga berkisar Rp. 15 Ribu sampai Rp. 20 Ribu perkilogram, dan hasil penjulan Ikan Lele dimanfaatkan untuk membeli pupuk untuk lahan pertanian.

Rep/Kam : Welly AF

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...