Apapun Modifikasi Kain Songket, Pengrajin Tidak Menghilangkan Motif Khas

Apapun Modifikasi Kain Songket, Pengrajin Tidak Menghilangkan Motif Khas

Kain tenun tradisional khas Palembang salah satunya kain songket sudah banyak dipilih perancang busana atau desainer dalam merancang busana karya mereka. Kain ini diubah menjadi busana dan sudah dikenal di kancah internasional.

Salah satu perancang busana Defrico Audi yang ditemui menungkapkan beberapa hal perlu diperhatikan para pengerajin songket di Kota Palembang, agar kain tenun yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Sriwijaya dapat diterima oleh pasar global, yaitu menjadikan kain songket yang selama ini dikenal sebagai kain pelengkap busana menjadi bahan baku utama busana itu sendiri agar tidak melulu terkesan sebagai busana pengantin atau busana pesta untuk orang tua, dan dapat dipergunakan pada kondisi santai agar menarik minat generasi milenial dalam menggunakannya, serta memodifikasi warna sesuai dengan selera pasar yang dituju.

Ia menambahkan, terpenting seperti apapun modifikasi yang dilakukan terhadap kain songket, para pengerajin tidak menghilangkan corak atau motif khas kain songket agar kain tersebut dapat tetap dikenali sebagai produk songket.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...