Tradisi Sedekah Ruwah Di Tengah Covid-19 Dengan Antar Makanan Ke Tetangga

Tradisi Sedekah Ruwah Di Tengah Covid-19 Dengan Antar Makanan Ke Tetangga

Sedekah Ruwah atau biasa disebut Ruwahan salah satu tradisi yang dimiliki Indonesia saat menyambut Bulan Ramadhan. Sedekah Ruwah dilakukan mulai pertengahan Bulan Sya’ban atau Nisfu Sya’ban menjelang Bulan Ramadhan. Ruwahan merupakan tradisi mendoakan orang yang telah meninggal dunia, seperti orang tua, adik, kakak, keluarga dan lainnya. Tak hanya mengirim doa untuk orang-orang yang sudah meninggal, tradisi ruwahan juga biasanya diwarnai dengan sedekah berupa makanan.

Makanan yang disajikan pun cukup beragam, namun biasanya dalam Sedekah Ruwah nasi kuning atau nasi minyak akan menjadi primadona warga Palembang dalam tradisi Sedekah Ruwah. Apalagi ditambah dengan berbagai lauk pauk seperti telur dadar, sambal goring, tempe, ayam goreng, ayam bakar, serundeng dan sebagainya yang membuat mulut tak berhenti mengunyah.

Nyayu Riza salah seorang juru masak nasi kuning ini mengungkapkan, kegiatan tradisi ini dilakukan oleh keluarganya setiap menjelang Bulan Ramadhan, namun kali ini berbeda biasanya warga yang ingin menikmati nasi kuning tinggal datang ke rumah. Terkait adanya larangan untuk berkumpul maka nasi yang siap dinikmati tersebut dimasukkan ke dalam kotak dan dibagikan ke tetangga dan handai taulan.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...