Sempat Terkendala Berbagai Hal, Museum A.K. Gani Akhirnya Diresmikan


Pameran Keliling Museum Negeri Sumatera Selatan tahun 2020 di Museum dr. AK Gani Palembang dengan tema Menelusuri Jejak Perjuangan Mayjen TNI dr. Adnan Kapau Gani. Dalam pameran kali ini terlihat Museum dr. AK Gani kali ini terlihat lebih terawat dan rapi. Sedangkan bagian dalam museum juga sudah memiliki berbagai hiasan dan penataan yang lebih baik dari beberapa bulan sebelumnya.

Sejak menjadi museum pada 2006 lalu, kediaman Mayjen TNI (Purn) dr. A.K Gani hampir tidak banyak yang tahu. Sehingga digelarlah pameran keliling yang memamerkan ribuan peninggalan pria kelahiran Sumatera Barat tersebut. Museum yang juga rumah pribadi Mayjen TNI (Purn) dr. Adnan Kapau Gani atau lebih dikenal dengan dr. A.K Gani ini berlokasi di Jalan MP Mangkunegara Palembang.

Saat memasuki kawasan museum, pengunjung akan disamput dengan mobil peninggalan dr. A.K Gani yakni Jeep jenis Jungle Jane. Saat memasuki pengunjung langsung disuguhkan foto lawas sang pejuang yang wafat pada 23 Desember 1968. Di dalam museum pengunjung bisa melihat langsung mulai dari lensa kaca mata yang biasa digunakan, meja kerja, alat-alat kedokteran, bintang jasa dan berbagai peninggalan bersejarah lainnya.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa Chandra Amprayadi mengatakan, pihaknya sudah sejak tiga tahun lalu revitalisasi Museum AK Gani harusnya dilakukan, namun karena berbagai kendala baru tahun ini perbaikan dan bersama digelarnya pameran keliling ini menjadi momentum peresmian Museum AK Gani.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...