Ayam Burgo, Ayam Hias Dengan Suara Merdunya


Membudidaya ayam hias menjadi salah satu hobi yang banyak dilakukan selama masa pandemi covid-19, salah satunya ayam burgo khas Sumatera. Dalam rangka melestarikan ayam burgo, komunitas ayam burgo Palembang melakukan latihan bersama dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ayam burgo adalah ras ayam kampung yang tersebar di pulau Sumatera khususnya Bengkulu. Ayam ini dibiakkan sebagai ayam peliharaan dan ayam hias. Ayam burgo sendiri adalah hasil persilangan ayam jantan hutan merah dengan ayam kampung betina. Memiliki bulu yang indah dan suara kokok yang merdu, menjadikan ayam ini sering diadakan kontes. Ada 3 kelas yang dipertandingkan yakni kelas ori, F1 dan burgo.

Sementara itu untuk bisa mempunyai ayam burgo, satu anakan ayam burgo di jual berkisar antara 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk ayam burgo kelas kontes dihargai 500 ribu hingga 2 juta rupiah per ekor.

Ayam khas sumatera ini mulai dilestarikan komunitas ayam burgo palembang agar bisa dikenal luas masyarakat layaknya ayam bekisar yang merupakan hewan khas pulau kangean, kabupaten sumenep yang menjadi maskot provinsi jawa timur.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...