Kuda Lumping, Warisan Budaya Yang Harus Dilestarikan


Jaran kepang atau yang lebih dikenal oleh masyarakat yakni kuda lumping, kesenian yang berasal dari Jawa Tengah ini merupakan warisan dari para leluhur, tidak hanya sekedar hiburan semata, namun mengandung nilai-nilai perjuangan dan filosofis, sehingga keberadaan kesenian ini harus terus dilestarikan.

Kesenian kuda lumping atau yang juga dikenal dengan jaran kepang merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa Tengah. Kesenian yang menggunakan kuda bohong-bohongan yang terbuat dari anyaman bambu ini, merupkan salah satu warisan para leluhur sejak ratusan tahun yang lalu dan terus bertahan hingga saat ini.
Tarian kuda lumping ini, selalu diiringi dengan music gamelan, gong, kendang dan slompret dan bergerak tanpa pola serta memiliki kekuatan supranatural, serta kental dengan suasana mistis. Mujianto selaku ketua kuda lumping kota Palembang mengatakan, kesenian yang merupakan warisan dari para leluhur ini, tidak hanya sekedar hiburan semata, namun mengandung nilai-nilai perjuangan dan filosofis, sehingga keberadaan kesenian ini harus terus dilestarikan.

Ia pun mengharapkan agar kesenian ini disupport oleh pemerintah kota Palembang maupun provinsi Sumatera Selatan dan juga kesenian Rogo Pembarong ini bisa menjadi sarana pemersatu bangsa guna melestarikan kebudayaaan jawa di Indonesia, agar tetap berkembang dimanapun berada.

Komentar Facebook

You might also like

Loading...