Mengenal Lokomotif Uap Bersejarah Di Museum Subkoss Sriwijaya


Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya menyajikan berbagai benda dan alat perjuangan hingga dokumentasi perjalanan perjuangan rakyat sumatera bagian selatan dalam merebut kemerdekaan di masa penjajahan.

Dari sekian koleksi benda bersejarah, ada dua koleksi yang cukup menjadi unggulan di Museum Subkoss Garuda Sriwjaya ini yakni keberadaan kereta uap atau lokomotif tua yang terparkir di sisi kanan pintu gerbang masuk museum.

Kereta tua ini jenis lokomotif uap C3082 buatan pabrik Hanomag Jerman tahun 1930. Lokomotif uap ini pertama kali tiba di Lubuklinggau tahun 1933. awal beroperasi lokomotif c3082 pada masa pemerintahan belada yang digunakan untuk menarik gerbong penumpang maupun barang.

Namun disaat Indonesia merdeka 17 agustus 1945 lokomotif uap ini, ikut dalam perjuangan pasukan Indonesia di saat terjadi agresi meliter belanda I tahun 1947 untuk mengangkut pasukan pejuang.

Selain transportasi lokomotif uap, dimuseum ini juga memiliki koleksi mobil jip tua yang cukup bersejarah di Sumatera Selatan. Diketahui mobil Jip ini merupakam kendaraan yang digunakan pejuang kemerdekaan yang juga gubernur militer pertama sumatera selatan Ak. Gani disaat masa penjajah Belanda dan Jepang.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...