RS Muhammad Hoesin Melaksanakan Seminar Penyakit Jantung Di Hari Jantung Sedunia

RS Muhammad Hoesin Melaksanakan Seminar Penyakit Jantung Di Hari Jantung Sedunia

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 September, serta tingginya angka penyakit jantung koroner yang ada di Indonesia khususnya Palembang, Rumah Sakit Muhammad Husein Palembang menggelar seminar pengenai penyakit jatung yang dilakukan di Aula Utama RSMH Palembang.

Puluhan peserta yang berasal dari masyarakat, para dokter spesialis mengikuti kegiatan seminar dengan tema Saya Berjanji, Demi Kesehatan Jantung Saya Dan Keluarga.

Seminar menghadirkan narasumber dari divisi kardiologi departemen penyakit dalam FK Unsri dan RSMH Palembang Dr. Imran Soleh. Dari divisi kardiologi anak RSMH Palembang Dr. Ria Nova yang membahas deteksi dini penyakit jantung bawaan yang menyerang anak kecil. Dan Dr. Mangiring Payer Lumban Toruan selaku Ketua SMF atau Staff Medis Fungsional Kardiologi RSUP Mohammad Husein.

Selain itu juga para peserta diajak untuk memeriksa jantung oleh dokter spesialis yang sudah ada dalam kegiatan ini. Tak hanya itu, para peserta diajak pula untuk mempraktekkan melakukan pertolongan pertama pada pasien maupun orang terdekat yang terkena serangan jantung mendadak.

Ketua SMF atau Staff Medis Fungsional Kardiologi Dr. Mangiring Payer Lumban Toruan  mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyebarluaskan informasi pentingnya pencegahan kemajuan pengobatan untuk penyakit jantung dan pembuluh darah yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

Ia juga menambahkan, penyakit jantung bisa ditekan hingga 50-80% asal menaati 3 hal yaitu pola makan sehat, sering melakukan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga, dan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Kepala seksi penyakit tidak menular Dinas Kesehatan Kota Palembang Dedi Sandra mengatakan, ia mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak RSMH Palembang karena menurutnya pengetahuan tentang pelayanan estemi atau pelayanan gawat darurat bagi penderita penyakit jantung penting di sosialisasikan.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...