Warga Temukan Batu Peninggalan Pra Sejarah Di Tepi Aliran Sungai Kukuy Pagar Alam


Warga  Temukan Batu  Peninggalan Pra Sejarah Di Tepi Aliran Sungai Kukuy  Pagar Alam

Warga kota Pagaralam, menemukan batu berelief sepanjang 16 meter, dengan berbagai motif ukiran di dinding batu, dengan ketinggian 1,2 meter di tepi aliran sungai.

Benda peninggalan zaman pra-sejarah , ditemukan warga kota Pagar Alam . Warga   tidak sengaja melihat adanya berbagai ukiran hewan di dinding batu, yang berada di tepi sungai Kukuy, desa Lubuk Buntak, kecamatan Dempo Selatan, kota Pagaralam.

Dari hasil pengamatan tim dari dinas pendidikan dan kebudayaan kota Pagaralam, pada batu sepanjang 16 meter dengan  ketinggian 1,2 meter ini, merupakan batu andesit bentukan dari letusan lahar gunung api dempo ribuan tahun lalu.

Di dinding batu inilah, terdapat berbagai macam gambar dan ukiran, seperti gambar orang bersalaman merupakan bentuk silaturahmi di zaman dahulu, serta gambar burung hantu yang dipercaya sebagai penunjuk jalan .

Juga terdapat ukiran muka manusia dan gajah yang ada di dinding batu, yang diperkirakan sebagai transportasi yang digunakan pada zaman pra-sejarah.

Kepala bidang budaya, dinas pendidikan dan kebudayaan kota pagaralam, ali akbar,  mengatakan, dengan adanya temuan benda pra- sejarah tersebut, bisa diketahui sejarah kehidupan nenek moyang masyarakat kota pagaralam ribuan tahun yang lalu.

Selanjutnya pihak pendidikan dan kebudayaan kota pagaralam akan berkordinasi dengan pihak provinsi dan badan akreologi untuk melakukan pengembangan, terkait temuan tersebut.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...