Rukyatul Hilal Ramadhan Dan Idul Fitri Dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

Rukyatul Hilal Ramadhan Dan Idul Fitri Dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

Kementerian agama tetap akan melaksanakan rukyatul hilal penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi covid-19. Hal ini tentu nantinya mengacu pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Adapun kemenag sumsel akan melakukan rukyatul hilal ramadhan pada hari Kamis 23 April 2020, dan rukyatul hilal Idul Fitri di hari Jumat 22 Mei 2020.

Sesuai surat edaran direktur jenderal bimbingan masyarakat islam tertanggal 6 April 2020,  seluruh kanwil kementerian agama di seluruh provinsi di indonesia diinstruksikan tetap melaksanakan rukyatul hilal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pelaksanaan sidang isbat . Adapun sehubungan dengan adanya pandemi covid-19 yang sedang melanda Indonesia, pelaksanaan rukyatul hilal nantinya dibatasi dengan maksimal 10 orang perwakilan dan menyesuaikan protokol kesehatan serta tetap menerapkan physical distancing. Hal ini seperti yang disampaikan kasubbag umum dan humas Kemenag Sumsel Saefudin Latief.

Ditambahkan Saefudin, dalam Rukyatul Hilal nantinya, sebelum memasuki area rukyat, seluruh peserta akan diukur suhu tubuhnya, dan satu orang hanya diperbolehkan memegang satu instrumen yang sebelumnya instrumen tersebut sudah dibersihkan dengan cairan disinfektan. Adapun tempat Rukyatul Hilal nantinya belum bisa ditentukan, tergantung dengan izin dari tempat terkait nantinya.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...