Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam Akibat Saluran Irigasi Rusak


Ratusan Hektar Sawah Gagal Tanam Akibat Saluran Irigasi Rusak

Ratusan hektar sawah yang berada di kecamatan lahat selatan kabupaten Lahat gagal tanam akibat tanggul yang berada di aliran sungai Lematang Desa Tanjung Payang Jebol. Hal ini mengakibatkan saluran irigrasi ke sawah masyarakat dipangkal pintu air ikut jebol, kerusakan tersebut di sebabkan oleh meluapnya aliran sungai lematang pada awal tahun.

Ratusan hektar sawah yang berada di kecamatan Lahat Selatan kabupaten Lahat gagal tanam akibat tanggul yang berada di aliran sungai lematang desa tanjung payang jebol. Hal ini mengakibatkan saluran irigrasi ke sawah masyarakat dipangkal pintu air ikut jebol, kerusakan tersebut di sebabkan oleh meluapnya aliran sungai lematang pada awal tahun.

Hingga saat ini, ratusan hektar sawah tersebut belum bisa di tanam karena air yang berada di sungai Lematang tidak dapat mengalir ke area persawahan. Kejadian ini sudah berlangsung selama enam bulan. Mirisnya, hingga saat ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah daerah, untuk segera memperbaiki tanggul tersebut. Bahkan, warga secara swadaya melakukan gotong royong guna melakukan perbaikan, namun hasilnya belum maksimal.
Kepala desa tanjung payang berharap pemerintah dapat mpercepat perbaikan tanggul irigrasi, karena terdapat 360 hektar sawah yang saat ini gagal tanam dan hanya mengandalkan dari saluran irigasi yang rusak tersebut.

Akibat kejadian ini, tidak sedikit warga yang mengalihfungsikan sawah mereka untuk menanam sayur dan buah-buahan, namun hasil yang di dapat tidak maksimal.

Tim liputan sriwijaya tv.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...