Pemkot Palembang Groundbreaking Pembangunan IPAL Perkotaan

Pemkot Palembang Groundbreaking Pembangunan IPAL Perkotaan

Dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan, Pemerintah Kota Palembang melaksanakan groundbreaking dalam rangka pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) baru di kawasan Jalan Lorong Sutami Kelurahan Sungai Selayur Palembang. Dalam kesempatan ini turut hadir Danis Hidayat Sumadilaga Dirjen Cipta Karya, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, serta Alison Duncan selaku Australian Charge D’affaires To Indonesia yang hadir melalui rekaman video.

Usai kegiatan, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pembangunan IPAL ini merupakan hibah dari Australia, dan Palembang adalah satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan hibah ini. Proyek ini sendiri sebenarnya sudah dimulai tahun 2017 untuk pematangan lahan dan di tahun 2020 akan mulai dilakukan pembangunan.

Untuk pembangunan akan dibagi, dimana Pemerintah Pusat akan membangun pipa distribusi, sementara untuk sambungan rumah tangga akan dilakukan Pemerintah Kota dan Provinsi dengan tahap pertama 8.000 sambungan dan dilanjutkan hingga 21.000 sambungan, untuk melayani sekitar 100 Ribu jiwa dengan estimasi anggaran Rp. 120 Milyar, atau Rp. 60 Milyar dari APBD Kota Palembang dan Rp. 60 Milyar dari APBD Provinsi Sumsel.

Senada, Danis Hidayat Sumadilaga Dirjen Cipta Karya menyampaikan proyek ini terlaksanakan dengan multi sumber pendanaan, yakni dengan hibah Australia, APBN, dan APBD dari Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumsel. Dan dana hibah Australia sebesar 45 Juta Dollar akan digunakan untuk pembangunan IPAL dan rumah pompa. Diharapkan IPAL ini akan dapat dioperasikan pada tahun 2022 dengan total kapasitas lebih dari 20 Ribu kubik per hari.

Komentar Facebook

You might also like

Loading...