BMKG SMB II Terus Petakan Wilayah Potensi Pertumbuhan Awan

Untuk mengahadapi musim kemarau yang terjadi di Sumatera Selatan, Bmkg Smb II Palembang terus memantau pertumbuhan awan di Sumsel yang nantinya sangat berguna untuk kegiatan teknologi modifikasi cuaca. Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra Deddy Kurniawan mengatakan, hal tersebut terpantau di citra satelit maupun citra radar, berdasarkan data Citra Setelit, masih ada pertumbuhan awan di Sumsel terutama di wilayah Oki, Ogan Ilir dan Banyuasin.

Untuk mengahadapi musim kemarau yang terjadi di Sumatera Selatan, BMKG SMB II Palembang terus memantau pertumbuhan awan di Sumsel yang nantinya sangat berguna untuk kegiatan teknologi modifikasi cuaca.
Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra Deddy Kurniawan mengatakan, meski sudah memasuki awal musim kemarau pertumbuhan awan masih terpantau hingga akhir Juni. Hal tersebut terpantau di citra satelit maupun citra radar , berdasarkan data citra setelit, masih ada pertumbuhan awan di Sumsel terutama di wilayah Oki, Ogan Ilir dan Banyuasin.

Secara klimatologis, BMKG memprediksi curah hujan masih ada walaupun cukup kecil berkisar 0-55 mm. Dengan adanya tmc, intensitas curah hujan yang kecil ini akan terpacu menjadi lebih besar sehingga membantu pengurangan titik api, pihaknya memprediksi puncak kemarau di tahun ini akan terjadi pada bulan Agustus dan berlangsung hingga oktober mendatang. Musim kemarau 2021 ini pun cenderung lebih kering dibandingkan kemarau 2020.

Komentar Facebook

You might also like

Loading...