Rilis bi sumsel Meningkatnya konsumsi buah buahan di pandemi covid 19

Pada rilis Bank Indonesia , pada 8 Juli 2021 , deflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau tertahan oleh kenaikan harga telur ayam ras dan buah naga. Kenaikan harga komoditas buah-buahan terjadi pada buah naga dengan andil inflasi sebesar 0,01%  didorong oleh meningkatnya konsumsi buah-buahan di tengah pandemi covid 19  .

Indeks harga konsumen (IHK) provinsi Sumatera Selatan pada bulan Juni 2021 tercatat deflasi sebesar -0,01% , setelah pada bulan sebelumnya tercatat inflasi sebesar 0,01% . Perkembangan ini terutama dipengaruhi oleh deflasi yang bersumber dari kelompok makanan, minuman dan tembakau serta kelompok transportasi. Dengan perkembangan tersebut, realisasi inflasi kumulatif sumatera selatan pada bulan laporan tercatat sebesar 0,83% . Secara tahunan, inflasi IHK Juni 2021 tercatat sebesar 1,24 % , lebih rendah dibandingkan inflasi nasional yang sebesar 1,33%  dan inflasi sumatera sebesar 1,76 % .

Deflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau tertahan oleh kenaikan harga telur ayam ras dan buah naga.  Kenaikan harga telur ayam ras disebabkan oleh kenaikan biaya produksi sejalan dengan kenaikan harga pakan ternak, seperti jagung, soy bean meal, dan meat bone meal .kenaikan harga komoditas buah-buahan terjadi pada buah naga dengan andil inflasi sebesar 0,01%  didorong oleh meningkatnya konsumsi buah-buahan di tengah pandemi.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...