Metatah, Tradisi Ritual Kikir Gigi Bagi Remaja Yang Meranjak Dewasa


Metatah, Tradisi Ritual Kikir Gigi Bagi Remaja Yang Meranjak Dewasa

Tradisi kikir gigi yang dilakukan umat Hindu Bali , merupakan ritual wajib bagi remaja perempuan dan laki-laki yang tengah beranjak dewasa atau sebelum ia memasuki kehidupan rumah tangga , sebagai ritual menuju kedewasaan .

Inilah salah satu ritual menuju kedewasaan , yang secara turun temurun dilakukan oleh umat Hindu Bali  . Ritual tersebut bernama metatah atau tradisi Kikir Gigi , yakni sebagai penanda beranjak dewasanya perempuan atau laki-laki Bali yang berusia diatas 16 tahun , sebelum mereka melangkah ke kehidupan rumah tangga .

Tradisi metatah yang dilakukan di Pura Agung Sriwijaya , selain diikuti puluhan remaja umat Hindu , ritual ini pun juga diikuti orang tua, dimana pada masa remaja mereka belum berekesempatan untuk mengikir gigi.

Dewa Putu Tagel,  panitia metatah mengatakan, dalam kepercayaan masyarakat Hindu Bali , ritual adat metatah bertujuan membunuh enam dalam diri manusia yang dianggap kurang baik , bahkan dianggap sebagai musuh dalam diri sendiri .  Dalam prosesi ritual ini , setiap peserta mengawalinya dengan melakukan sungkem kepada kedua orang tua , sebagai tanda bakti mereka serta meminta restu , sebelum mereka melangkah ke kehidupan berumah tangga .

Selain meminimalisir sifat negatif , ritual adat metatah diyakini masyarakat bali bertujuan untuk memenuhi kewajiban orang tua kepada anaknya menjadi manusia sejati . Ritual ini pun dipercaya dapat menghubungkan diri mereka dengan sang pencipta , yang diharapkan saat mereka meninggal nanti dapat bertemu dengan leluhurnya di surga .

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...