Melihat Bukti Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Di Musium Balaputra Dewa


Sebanyak 28 kolektor benda bersejarah dan warisan budaya serta sejumlah pengelola museum di Sumatera Selatan , antusias masyarakat dengan sejarah Sumatera Selatan, terlihat dipameran warisan Sumsel yang berada di Musium Balaputra Dewa Sumsel. Salah satu nya yakni Komunitas Antik Kreatif Sriwijaya atau Kompaks, yang memamerkan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan kerajaan Sriwijaya.

Antusias masyarakat dengan sejarah Sumatera Selatan, terlihat dipameran warisan Sumsel yang berada di musium Balaputra Dewa Sumsel. Berbagai benda sejarah pun dipamerkan, dalam pameran ini sedikitnya ada 28 kolektor benda bersejarah dan warisan budaya serta pengelola musium di Sumsel, mengikuti pameran ini.

Salah satu nya yakni komunitas antik kreatif Sriwijaya atau kompaks, berbagai benda yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini dipamerkan, seperti koin emas khalifah bani ummayah, keris emas , kitab simbur cahaya, dan dipamerkan meriam langka yang mempunyai ukiran dua kalimat syahadat. Meriam ini diduga berasal dari masa kesultanan Palembang Darussalam.

Hirmeyudi anggota Kompaks mengatakan, kegiatan seperti harus sering diadakan, selain menjadi sumber edukasi untuk para remaja sekarang, kegiatan ini pun sebagai bukti kebesaran Palembang dan kerajaan Sriwijaya itu memang ada, seperti yang terlihat di pameran warisan Sumsel ini. Dan kegiatan ini pun dapat menarik wisatawan lokal maupun internasional.

minyak apun ganapathi

Komentar Facebook

You might also like

Loading...